KENAPA ALLAH KUMPULKAN KITA DI BLOG INI ?

🟩 MENAMBAL LUBANG PERAHU

MENAMBAL LUBANG PERAHU

Seorang pria tukang cat diminta mengecat sebuah perahu. 

Ia pun menarik perahu ke tepi danau dan mengecat perahu tersebut sesuai dgn warna pesanan pemiliknya.

Saat mengecat, ia menemukan sebuah lubang kecil di lambung perahu lalu ditambalnya diam² agar pekerjaannya cepat selesai. 

Begitu selesai mengecat, ia terima upahnya dan pergi. 

Tak lama berselang, pemilik perahu menemui lagi pria tersebut dan memberinya cek yang nilainya sungguh fantastis.

Si tukang cat terkejut dan berkata:

"Anda sudah membayar upah saya, Tuan.".

"Iya benar, tapi ini bukan upah utk mengecat, Ini karena Anda sudah menambal satu lubang di lambung perahuku." kata pemilik perahu.

"Ah.. itu kan cuma hal kecil ...!. Anda tidak perlu memberi saya uang sebanyak ini utk pekerjaan sekecil itu". 

"Mungkin anda tidak mengerti, biar saya jelaskan. Saat saya minta Anda mengecat kapal itu, saya lupa memberi tahu tentang lubang tersebut. Ketika cat perahu sudah kering, anak² saya langsung pergi mancing dengan naik perahu itu ke tengah danau. Mereka tidak tahu tentang lubang itu.. sementara saya sedang tidak berada di rumah saat mereka pergi. Ketika saya pulang dan menyadari mereka telah membawa perahu itu pergi, saya jadi sangat khawatir karena saya tahu kalau perahu itu bocor. Alangkah leganya saya ketika melihat mereka semua pulang dengan selamat. Lalu saya mendapati bahwa Anda telah menambal lambung kapal yg bocor itu. Anda telah menyelamatkan anak² saya..!!. Yang sudah Anda lakukan BUKAN HAL KECIL karena hal itu telah menyelamatkan nyawa orang lain... yaitu nyawa anak² saya. Sesungguhnya saya tidak punya cukup uang untuk membayar kebaikanmu itu..!".

Pesan moral :

Perbaikilah setiap "lubang" yg kita temukan..!.

Kita tidak akan pernah tahu kapan "bantuan" yg kita lakukan itu bermanfaat.

Atau kapan Allah menggunakan sebuah peristiwa unttuk memberi kesempatan agar kita bisa membantu dan menjadi berarti bagi orang lain.

Mungkin saja kita telah melakukan amal kebaikan selama ini yg tanpa kita sadari telah menyelamatkan orang atau mahluk ciptaan Allah lainnya.

Teruslah BERBUAT BAIK, walau TERLIHAT KECIL, seperti membuang duri dari jalan.

Bisa jadi AMALAN KECIL itulah yg akan membawa kita ke surga. Karena kita tidak berharap apapun darinya. 

Tetapi ternyata memberikan manfaat besar utk orang lain. 

Dan lebih utama mendatangkan keridhoan Allah karena keikhlasan amalan yang kita lakukan.

Comments